Kamis, 22 Februari 2018

Menghadapi SNMPTN 2018, 4 Hal ini Perlu Dilakukan Orang Tua untuk Bantu Anak Tentukan Pilihan Study


Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah dibuka sejak 20 Februari 2018. Seperti diberitakan beberapa media, jumlah peserta SNMPTN 2018 akan ditingkatkan dari tahun lalu. Tentu ini menjadi hal yang positif, karena akan memperbesar peluang peserta bisa diterima.

Hal yang menjadi perhatian peserta biasanya menyangkut pilihan studi dan perguruan tinggi yang diinginkan. Memilih 2 hal tersebut memang sudah seharusnya menjadi keputusan anak. Bagaimana peran orang tua ?

Kadang tidak disadari, sebagai orang tua anda memaksakan kehendak pada anak, meskipun maksud dan tujuannya baik untuk masa depan anak, Namun anda harus ingat bahwa mereka memiliki hak untuk memilih dan menentukan. Sebagai orang tua, peran Anda adalah meyakinkan serta mendukung mereka, khususnya jika mereka belum tahu betul apa yang ingin mereka pilih.

Untuk mendampingi anak dalam menghadapi SNMPTN, sebagai orang tua anda perlu melakukan  4 hal  berikut :

1. Cari tahu minat anak
Memilih bidang studi bisa dibilang merupakan hal yang paling sulit untuk anak. Sebagian anak tahu apa bidang yang ingin mereka geluti, tetapi sebagian ragu atau bahkan tidak tahu apa yang harus mereka ambil. Dalam situasi seperti ini, Anda harus aktif bertanya. Contohnya seperti di mana mereka ingin bersekolah, lingkungan apa yang mereka cari, universitas apa yang mereka tuju, apa kegiatan sekolah yang paling disenangi, dan sebagainya. Dengan bertanya, Anda dapat membantu anak menentukan apa yang ia inginkan berdasarkan minat dan kesenangannya.

2. Mengumpulkan informasi yang cukup dan memadai
Banyak sekali jurusan dan universitas yang dapat dipilih oleh anak beserta segala persyaratannya. Karena itu, penting bagi orang tua untuk membantu mereka mencari informasi yang lengkap untuk dijadikan bahan pertimbangan anak. Contohnya, Anda bisa menemani mereka datang ke universitas-universitas yang ingin ia tuju untuk mendapatkan informasi lengkap. Selain itu, pastikan mereka tidak melewatkan hal-hal administratif seperti menyiapkan berkas pendaftaran, mengingatkan batas terakhir pendaftaran, dan lain-lain.

3. Jadi pendengar yang baik
Jadilah pendengar yang baik saat anak sedang berdikusi dengan Anda. Jangan langsung keluarkan nasehat soal pengalaman Anda atau hal lainnya yang dapat membuat anak merasa tidak didengar. Biasanya, saat anak sedang berdiskusi soal sekolah, mereka sedang mencari tahu apa sebenarnya yang mereka inginkan. Lebih baik, dengarkan mereka hingga mereka dapat menarik kesimpulan atau jawaban dari pertanyaannya. Respon terbaik yang dapat Anda berikan adalah memberikan ide-ide baru untuk dipertimbangkan daripada menjelaskan apa yang akan Anda lakukan jika berada di posisi mereka.
 
4. Bersikap suportif
Jika anak menunjukkan minat di bidang yang tidak Anda senangi, jangan menghakimi mereka. Biarkan mereka bertanggung jawab dengan keputusan mereka dan belajar menghadapi kompleksitas realita di dunia. Hal yang penting adalah mendampingi, memberi pengarahan dan tidak menghakimi, serta mendukung keputusan mereka. Satu hal yang harus Anda ingat adalah lingkungan kampus akan membuka banyak kesempatan baginya untuk belajar tentang realita dunia, apalagi soal luasnya dunia pekerjaan. 


Ingin Makan Durian dengan Aman, Inilah Takaran Tepat Mengonsumsinya



Musim durian telah datang seperti sekarang ini tentu sangat menyenangkan bagi para penggemar buah kulit berduri ini. Salah satunya karena bisa jadi harganya agak miring dibanding saat tidak musim. Meski demikian anda sebaiknya tak berlebihan mengkonsumsi buah yang dagingnya lembut nan menggoda itu.

Beberapa literatur menyebutkan bahaya buah durian ini. Buah ini banyak mengandung kolesterol, sehingga bisa menyebabkan sakit jantung, tak baik bagi penderita hipertensi, dan sebagainya.

Dibalik efek bahayanya, menurut ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. bahwa dengan takaran khusus saat mengonsumsi durian, maka kita bisa memetik manfaat dari salah satu buah musiman itu.

"Durian merupakan buah yang tinggi energi, sehingga ketika dijadikan sebagai buah untuk satu kali makan hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji kali waktu konsumsi buah. Bukan dua buah tetapi dua biji," ujar dia kepada ANTARA News dalam pesan elektroniknya, Senin (19/2) malam.

Selain tinggi energi, durian juga mengandung lemak, alkohol, karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak seperti buah lain, durian tak bisa secara bebas dikonsumsi.

"Namun jika ingin mengonsumsinya lebih banyak maka konsekuensinya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," kata dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 itu.

Semakin matang durian maka semakin tinggi kandungan alkoholnya, akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita hal ini bukan masalah asalkan durian tak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada durian jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi berlebih. Artinya dalam jumlah yang sesuai durian bisa memberikan banyak manfaat," pungkas dia.

Nah, itulah masukan bagi penggemar durian yang selama ini takut memakannya. Ternyata masih dimungkinkan bagi anda untuk menikmatinya, tapi ingat jangan berlebih, cukup 2 biji yang penting rasa keinginan anda sudah terobati.



Rabu, 21 Februari 2018

6 Hal ini Bisa Membuat Cewek Yang Berwajah Biasa Menjadi Disukai Cowok


Cewek cantik bikin jatuh cinta itu hal yang biasa, karena yah mereka memang indah dan mempesona. Wajahnya yang cantik laksana bidadari surga otomatis bikin kita kangen dan terbayang-bayang terus. Itu wajar.

Tapi kalau cewek yang bertampang biasa-biasa aja dan bisa bikin jatuh cinta?  Nah, ini baru luar biasa.

Buat kalian cewek yang walaupun nggak cantik-cantik banget, jangan khawatir jangan pula minder. Ketahuilah, ada tips buat kalian untuk lebih menarik, bisa bikin para cowo merasa tertarik dan jatuh cinta.

Nah, berikut ini yang bisa bikin para cowo jatuh cinta berat dengan cewek-cewek yang bertampang biasa aja versi kaskus  :

1. Kesederhanaannya

Sejujurnya, para cowok amat menyukai kesederhanaan, dan buat para cowok, cewek yang sederhana dan apa adanya bikin nyaman banget buat menjalin hubungan.

Adakalanya cewek cantik yang berlebihan dalam makeup dan penampilan malah bikin ilfeel para cowok. Karena cowo lebih menyukai cewek-cewek yang tampil apa adanya dan memiliki percaya diri yang tinggi.

Penampilan yang sederhana dan gaya hidup yang apa adanya alias sederhana dari seorang cewek bisa bikin para cowok jatuh cinta dan pastinya kangen selalu. Ahayy..

2. Humoris

Siapa sih yang ngga suka dengan orang yang humoris? Mau dia cewe atau cowo, pasti akan terlihat lebih menarik kalau dia pintar bergaul dan lucu.

Itu juga yang bisa bikin seorang cowo jatuh cinta dengan cewe yang bertampang biasa aja. Karena cewe yang humoris mampu membuat sebuah percakapan jadi lebih hidup, dan pastinya bikin kangen loh.

Cewe yang humoris biasanya juga ngga jaim, dia akan bersikap apa adanya. Tidak ada yang ditutup-tutupi dan semua akan dia bawa santai. Seperti ngga ada beban hidup. Nah ini yang bikin cowo-cowo jadi jatuh cinta.

3. Perhatian

 
Adalah kebohongan hqq kalau ada orang bilang kalau dia ngga suka diperhatiin. Begitu juga cowo, cowo bakalan suka banget kalau diperhatiin ama lawan jenisnya.

Cewe yang ngasih perhatian yang lebih serta tulus bisa bikin cowo manapun klepek-klepek, loh. Dan cowo pasti bakal jatuh cinta ama cewe yang terus menerus konsisten ngasih perhatian yang tulus buat si cowo. Ngga percaya? Silakan buktiin sendiri.

4. Sabar dan lembut

Buat cowo, cewe yang sabar dan lembut adalah idaman. Karena buat cowo, cewe yang sabar dan lembut adalah kriteria ibu yang ideal. Artinya cowo ingin menjalin hubungan yang serius dengan cewe-cewe dengan tipe seperti ini.

5. Cerdas

 
Cowo memang sangat menyukai cewe-cewe yang cantik dan menarik, tapi kalau diajak ngobrol ngga nyambung alias zonk, yah males juga kali yaa.. Cowo akan lebih menyukai cewe yang bertampang biasa aja, tapi nyambung kalau diajak ngobrol.

Cewe yang memiliki wawasan luas dianggap lebih kompeten untuk dijadikan istri dan ibu buat anak-anaknya kelak. Jadi jangan heran, kalau cowo lebih memilih cewe yang cerdas untuk berhubungan yang lebih serius.

6. Cuek dan misterius

Cewe yang gampangan dan mudah didekati malah terkesan membosankan buat para cowo. Sudah kodrat cowo itu berburu, jadi cowo akan lebih menyukai tantangan.

Cewe yang terkesan cuek dan misterius selalu bikin cowo penasaran. Cowo sangat menyukai cewe-cewe jenis ini loh. Jadi jangan heran kalau ada cewe yang biasa aja, tapi malah dikejar-kejar banyak cowo.

Nah, itulah 6 tipe cewe yang bertampang biasa aja tapi malah bisa bikin para cowo jatuh cinta alias tergila-gila. Kalau kalian cowok lebih suka tipe cewe yang nomor berapa nih?






Inilah 4 Fakta Buah Durian yang Belum Banyak Diketahui


Siapa sih yang enggak kenal dengan buah durian? Ya, buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antara 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.

Daging buahnya yang lembut dan juga manis memberikan kenikmatan tersendiri bagi mereka yang memakannya, karena faktanya buah durian memiliki lemak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol.

Memakan durian dalam skala besar akan meningkatkan berat badan Anda. Biasanya satu buah durian memiliki 885 kalori sampai 1.500 kalori tergantung ukurannya. Durian mungkin menjadi salah satu sumber nutrisi, tetapi pada durian juga terdapat kalori dan karbohidrat yang tidak baik untuk tubuh.

Berikut 4 fakta tentang buah Durian yang belum banyak diketahui

1. Durian meningkatkan berat badan

Ternyata 1 kg durian hampir memiliki 1.350 kalori, orang dewasa rata-rata membutuhkan 2.500 kalori untuk laki-laki dan 2.000 kalori untuk perempuan. Seandainya Anda memakan lebih dari 1 kg durian hal tersebut akan membuat berat badan naik.

2. Banyak mengandung nutrisi

Di dalam durian banyak sekali terkandung nutrisi seperti potassium, serat makanan, zat besi, vitamin C dan vitamin B kompleks. Selain memiliki kandungan nutrisi buah ini juga baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, serta juga baik untuk kesehatan kulit.

3. Kaya akan karbohidrat

Bagi orang yang menderita penyakit diabetes jangan terlalu banyak ya memakan buah ini, karena buah durian memiliki tingkat gula yang tinggi.

4. Meningkatkan energi

Karena adanya karbohidrat pada durian dapat mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat jika dimakan oleh individu yang sehat. Kandungan potassium juga dapat mengurangi stres dan kecemasan.
Jika Anda ingin memperoleh mineral, vitamin dan zat besi cukup konsumsi durian dengan dengan cara yang tepat yaitu satu atau tiga biji dan jangan makan secara berlebihan.


7 Hal "Colongan" yang Biasanya Dilakukan Sama Pegawai Kantor Saat Kerja


Kalau bahas yang namanya kantor, sebenarnya banyak cerita yang bisa diulas, dari ‘orang-orang’ didalamnya hingga segala kelakuannya. Bahkan tidak sedikit juga cerita kantor yang penuh drama.

Berikut 7 hal yang biasa dilakukan di kantor dengan curi-curi waktu yang pasti pernah dilakukan sama orang kantoran saat lagi jam kerja menurut versi kaskus. 

1. Gosip Atasan

Pernah dapat peraturan kantor dari atasan yang memberatkan kita? Pastinya kita nggak enak kalau itu disimpan sendiri jadi umpatan hati. Awalnya satu-dua orang yang ngegosip, ujung-ujungnya satu divisi ngegosipin bosnya sambil colongan kerja. Old school banget tapi tetep asik. Hehehe.

2. Streaming Video

Step pertama: Buka laptop sambil pura-pura sibuk kerja di depan bos.
Step kedua: Pelan-pelan liatin situasi sekitar
Step ketiga:Mulai ambil headset terus colok ke laptop
Step keempat: Ketawa-tawa sendiri sambil nonton drama korea.
Step kelima: Si bos lewat terus balik lagi ke step pertama.

Secara tidak langsung kita sudah belajar beberap tahap untuk menjadi seorang ninja yang sigap emoticon-Ngakak

3. Mengerjakan Pekerjaan Sampingan

Pernah dengar cerita kesuksesan Bill Gates? Atau Cerita Suksesnya Steve Jobs? Banyak orang kantoran yang ternyata memiliki motivasi seperti mereka dengan melakukan kerjaan sampingan yang bisa membahagiakan dirinya.

Meski ini contoh enggak profesional, tapi ane yakin engga sedikit dari kalian yang colongan ngerjain kerjaan sampingan di saat jam kantor. Ya, kalo atasan bisa ngerti dan kerjaan ente beres sih woles, tapi kalo sebaliknya hati-hati kena SP1!

4. Download File Yang Nggak Ada Hubungannya Sama Kerjaan

Berhubung internet kantor paketnya gede dan gratis 100%, engga sedikit juga orang kantoran yang pakai fasilitas tersebut buat download file yang enggak ada kaitannya sama sekali dengan kerjaan di kantor. Film bokepemoticon-Angel, anime, drama korea, apalagi hingga game yang filenya gede pun bisa aja ‘colongan’ di-donwload pas kerja.

5. Tidur

Kerjaan sih emang enggak ada abisnya, tapi kalo masih banyak kerjaan dan bikin kepala mumet, cara murah yang bisa dilakuin ya istirahat. Yaudah, paling enak itu caranya habis makan siang, perut kenyang, cuaca mendung, ujung-ujung malah colongan ‘boci' atau bobok ciang.emoticon-Matabelo

6. Interview Di Kantor Lain

Siapa bilang cari kerjaan baru cuma berlaku buat orang yang nganggur, orang yang udah kerja pun butuh peningkatan karir dan penghasilan juga untuk dirinya sendiri. Kalo peningkatan itu enggak bisa mereka dapetin ujung-ujungnya ya ‘colongan’ izin pas kerja. Bilangnya sakit, padahal mau interview di kantor lain. Kalau udah resmi keterima, terus ngajuin resign deh. Trik lawas tapi atasan susah sulit tahu.emoticon-Kaskus Radio

7. Ngaskus

Dokumen dokumen yang harus dikerjain tiap hari dan gak pernah selesai selesai pasti membuat kita penat, setiap orang pasti melakukan hal hal 'colongan untuk mengatasi penat tersebut, ada yang alasan survey lapangan, meeting dengan divisi lain padahal ngelayap di cafe seberang.

Tapi biasanya yang paling gampang dilakukan para pegawai kantor itu adalah ngaskus, dan ane yakin kalian pasti pernah kerja sambil ngaskusan? ketawa ketawa sendiri nggak jelas padahal sedang diliatin sama pegawai yang lain emoticon-Betty





Stadion Papua Bangkit, Pesaing Baru Stadion Gelora Bung Karno


Masyarakat Papua dan sepak bola ibarat bola dan Tsubasa Ozora. Mereka berteman. Saling terikat satu sama lain. Mereka memiliki Persipura Jayapura yang menjadi klub tersukses di Indonesia. Di level Asia, setidaknya sejauh ini, hanya Mutiara Hitam yang mempu membanggakan Indonesia. Saat klub-klub lain hanya mampu lolos ke babak grup dan mentok di 16 besar, Persipura pernah sukses menembus semifinal.

Untuk talenta, Papua tak pernah kehabisan stok. Mau cari penyerang pengganti Boaz Solossa, ada Marinus Manewar yang siap menggebrak. Mau cari pemain pengganti Ian Louis Kabes? Ada Osvaldo Haay. Mereka seakan tak pernah kehabisan stok. Swasembada pesepak bola.
 
Melihat kenyataan itu tak salah jika sarana dan prasarana untuk menunjang perkembangan sepekbola di daerah ini segera diwujudkan. Yah, tidak lama lagi Papua akan segera memiliki stadion yang kemegahannya mampu menyaingi Gelora Bung Karno (GBK). Namanya adalah Stadion Papua Bangkit yang dibangun di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Menurut Football Tribe, stadion yang mulai dibangun pada 19 April 2017 ini memiliki luas 13,7 hektar ditambah dengan lapangan latihan tambahan. Pembangunannya dikerjakan oleh Lestarindo Soccerfield, perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan pembangunan lapangan sepak bola.

Stadion Papua Bangkit ini mampu menampung 40.000 hingga 45.000 penonton. Setelah selesai nanti, stadion ini akan jadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno.
 
 
 

Ayo Wisata ke Jogja, Traveling Sambil Belajar Kesenian Jawa


Jogja dikenal sebagai kota dengan budaya Jawa yang sangat kental. Dari kepala pemerintahannya, yaitu Sultan Hamengkubuwono XI, sampai masyarakat kecil begitu menjunjung tinggi adat istiadat yang mereka miliki.

Tak heran kalau banyak traveler yang mendapatkan pelajaran baru sepulang liburan dari Kota Gudeg. Bukan hanya pengalaman kuliner dengan masakan yang cenderung manis, tapi juga keramahan dan berbagai hasil adat dan budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya.

Pergi ke Jogjakarta, jangan sampai pulang dengan tangan hampa. Selain berburu oleh-oleh, yuk, berikan ruang untuk ilmu baru dengan mengunjungi pusat-pusat kesenian di sana.

Belajar Membatik di Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo berada di Jl. Imogiri Timur km 14, Gazebo Wisata Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Ini adalah pusat batik tulis di Jogjakarta, di mana ratusan masyarakat terjun bersama untuk menjadi seniman batik. Kemampuan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi karena batik merupakan warisan turun-temurun.
Cobalah untuk mampir sejenak di salah satu rumah batik dan belajar bagaimana cara menghasilkan salah satu kekayaan budaya dunia ini. Mulai dari memegang canting, mengambil lilin, kemudian mengulaskannya di atas kain untuk membatik. Siapa tahu, dari belajar, muncul passion untuk mengembangkan batik.

Belajar Menari di Ndalem Pujokusuman

Buat yang punya minat dalam bidang seni tari, Ndalem Pujokusuman adalah tempat yang tepat untuk didatangi saat berpetualang di Jogja. Di sini sering diadakan pementasan kesenian Jawa, seperti Tari Jawa Klasik, Bedoyo, Serimpi, sampai Wayang Orang. Selain itu sempatkan diri untuk memperdalam ilmu tari karena Ndalem Pujokusuman juga membuka kursus Tari Jawa Klasik yang digelar setiap dua kali seminggu. Banyak, lho, wisatawan luar negeri yang khusus datang ke Ndalem Pujokusuman demi bisa belajar tari-tarian Jawa.

Kursus Kerajinan khas Jogja di Kota Gede

Selain berburu perhiasan-perhiasan yang terbuat dari perak, tak ada salahnya mencoba untuk mempelajari bagaimana benda-benda tersebut diciptakan. Kota Gede, sebagai sentra kerajinan perak, memiliki banyak tempat kursus kerajinan. Di sana akan diajarkan cara untuk mendesain, memilih jenis perak, mencetak, proses penempaan, merangkai, hingga penyepuhan, langsung dari ahlinya.

Jauh-jauh pergi ke Jogja, sebaiknya pelajari saja semuanya. Bila butuh tempat istirahat, sambungkan diri dengan Airy Rooms saja. Aplikasi mobile yang menghubungkan dengan ratusan hotel atau guest house pilihan dan dijamin punya fasilitas lengkap, mulai dari AC, televisi, perlengkapan mandi, hingga WiFi gratis. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget, kemudian bayar lewat transfer ATM, kartu kredit, atau via Indomaret.

Mudah, bukan Menimba ilmu sambil liburan di Jogja bakal lebih menynangkan kalau ditemani Airy Rooms sebagai teman seperjalanan. Yuk download sekarang di Google Play atau Apps Store sekarang juga! Atau kunjungi website resminya di sini. Sampai bertemu di Jogja ya. [merdeka]