Sabtu, 16 Desember 2017

Untuk Wilayah Indonesia, Hanya Kalimantan yang Aman dari Gempa


Berbahagialah Anda yang tinggal di wilayah Pulau Kalimantan, mengapa? 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan Indonesia adalah negara yang rawan gempa, hanya Kalimantan yang relatif aman dari gempa. Dan tidak salah pula apabila ada rencana untuk memindahkan ibukota negara ke wilayah Pulau Kalimantan. Aman dari gempa merupakan alasan logis ditengah banyaknya bencana yang sering melanda Indonesia.

"Ini perlu saya sampaikan, karena memang Indonesia rawan gempa hampir seluruh wilayah, kecuali Kalbar, Kalsel, Kalteng tidak rawan gempa, lainnya rawan gempa, mulai dari ancamana pertemuan lempeng tektonik atau subduksi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB Jl Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2017), seeperti dilansir detik (16/12/17).

Lebih jauh Sutopo lalu menjelaskan pergeseran lempeng di berbagai wilayah di Indonesia. Pergeseran lempeng paling jauh ada di wilayah timur Indonesia.

"Di barat pantai Sumatera bergeraknya 5cm-6cm per tahun. Di selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara sampai Halmahera 7cm per tahun. Di utara Papua-Maluku-Sulawesi bergerak 12cm per tahun. Jadi gempa hal yang pasti tejadi," ujar Sutopo.

Dengan banyaknya potensi, sayangnya, mitigasi gempa di Indonesia masih minim. Indonesia bagian timur menjadi wilayah yang paling minim fasilitas mitigasi gempa.

"Indonesia bagian timur yang paling rawan gempa dan tsunami tapi penelitian gempa di timur, untuk infrastrukturnya sirine sensograf masih sangat terbatas, itu yang menyebabkan ketika gempa korban masih banyak di wilayah tersebut," ujar Sutopo. 

0 komentar: