Kamis, 22 Februari 2018

Ingin Makan Durian dengan Aman, Inilah Takaran Tepat Mengonsumsinya



Musim durian telah datang seperti sekarang ini tentu sangat menyenangkan bagi para penggemar buah kulit berduri ini. Salah satunya karena bisa jadi harganya agak miring dibanding saat tidak musim. Meski demikian anda sebaiknya tak berlebihan mengkonsumsi buah yang dagingnya lembut nan menggoda itu.

Beberapa literatur menyebutkan bahaya buah durian ini. Buah ini banyak mengandung kolesterol, sehingga bisa menyebabkan sakit jantung, tak baik bagi penderita hipertensi, dan sebagainya.

Dibalik efek bahayanya, menurut ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. bahwa dengan takaran khusus saat mengonsumsi durian, maka kita bisa memetik manfaat dari salah satu buah musiman itu.

"Durian merupakan buah yang tinggi energi, sehingga ketika dijadikan sebagai buah untuk satu kali makan hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji kali waktu konsumsi buah. Bukan dua buah tetapi dua biji," ujar dia kepada ANTARA News dalam pesan elektroniknya, Senin (19/2) malam.

Selain tinggi energi, durian juga mengandung lemak, alkohol, karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak seperti buah lain, durian tak bisa secara bebas dikonsumsi.

"Namun jika ingin mengonsumsinya lebih banyak maka konsekuensinya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," kata dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 itu.

Semakin matang durian maka semakin tinggi kandungan alkoholnya, akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita hal ini bukan masalah asalkan durian tak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada durian jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi berlebih. Artinya dalam jumlah yang sesuai durian bisa memberikan banyak manfaat," pungkas dia.

Nah, itulah masukan bagi penggemar durian yang selama ini takut memakannya. Ternyata masih dimungkinkan bagi anda untuk menikmatinya, tapi ingat jangan berlebih, cukup 2 biji yang penting rasa keinginan anda sudah terobati.



0 komentar: