Senin, 19 Maret 2018

Biaya Membangun Rumah Tidak Sesuai Perencanaan? Ini Sebabnya


Adalah wajar jika Anda ingin bangun rumah sendiri. Apalagi jika selama ini Anda masih tinggal di rumah kontrakan atau ikut orang tua. Namun permasalahan biaya kerap menjadi alasan yang membuat Anda maju-mundur untuk membangun rumah. Terlebih biaya bangun rumah memang terbilang sangat tinggi.

Bukan hanya perihal biaya, kendala lain juga muncul karena sulitnya menemukan kontraktor yang kompeten. Kontraktor berperan besar dalam menciptakan hunian yang aman dan nyaman untuk ditempati. Selain itu, kontraktor juga menjadi rujukan Anda dalam membuat anggaran biaya pembangunan rumah.

Kontraktor yang kompeten akan membantu Anda membuat perencanaan yang tepat. Namun bagaimana jika biaya bangun rumah tidak sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan sebelumnya? Kira-kira apa penyebabnya?

Berikut 6 Penyebab Pembiayaan Pembangunan Rumah Membengkak  :

  1. Anda tidak mempunyai ide tentang apa yang ingin dibangun. Kesalahan dalam memilih desain rumah merupakan salah satu penyebab biaya pembangunan rumah meningkat. Perencanaan desain rumah harus baik agar tidak ada perubahan desain di tengah proses pembangunan.
  2. Perencanan biaya tidak matang. Mungkin di awal perencanaan bangun rumah Anda sudah membuat anggaran biaya yang dibutuhkan. Namun karena kurang cermat, bisa jadi Anda melewatkan atau terlalu berlebihan dalam menetapkan anggaran biaya. Inilah pentingnya memilih jasa bangun rumah yang profesional. Anda akan dibantu membuat perencanaan yang matang.
  3. Tidak menyiapkan dana darurat. Membangun rumah membutuhkan biaya yang banyak. Inilah yang kemudian menuntut Anda untuk membuat rencana keuangan yang tepat dan akurat. Jangan hanya menyiapkan dana untuk hal-hal dasar, namun siapkan juga dana darurat. Dana darurat ini akan dipakai ketika muncul ide baru di luar perencanaan yang dibuat sebelumnya. Jika dana darurat tidak Anda masukkan dalam anggaran biaya bangun rumah, maka tidak heran apabila biaya terus meningkat.
  4. Tidak memilih material yang tepat. Salah memilih material bangunan mengharuskan Anda untuk mengganti material tersebut di tengah–tengah proses pembangunan. Perubahan material di tengah proses pembangunan tersebut akan menambah biaya yang Anda keluarkan. Untuk itu komunikasikan perihal material bangunan ini pada kontraktor yang Anda tunjuk.
  5. Bangun rumah di waktu yang tidak tepat. Sekalipun Anda ingin segera memiliki rumah, namun tetap pertimbangkan pemilihan waktu membangun rumah. Jangan bangun rumah ketika musim penghujan karena menyulitkan proses pembangunan. Alhasil tukang pun akan molor dalam menyelesaikan target pembangunan.
  6. Jangan salah memilih jasakontraktor. Anda harus membuat surat perjanjian sebelum memiliki kesepakatan dengan kontraktor. Jika Anda tinggal di kotabesar, memilih jasa kontraktor yang terpercaya sangat penting agar perusahaan itu tidak kabur sebelum pembangunan rumah Anda selesai. Jika masih bingung mencari jasa yang terpercaya, mintalah rekomendasi teman atau lihat di beberapa website yang ada di internet.

Demikianlah 6 poin umum yang bisa menjadi penyebab bengkaknya biaya pembangunan rumah Anda. Untuk itu pastikan Anda memilih jasa bangun rumah yang profesional agar proses pembangunan rumah berjalan lancar.




0 komentar: