Senin, 23 April 2018

Fitur Baru dari WhatsApp, Foto yang Telah Dihapus Bisa Kembali


Mungkin selama ini Anda mempunyai pengalaman yang cukup Anda sesali. Bagaimana tidak data foto, vidio atau file lainnya yang mempunyai arti penting bagi Anda ternyata telah terhapus. Bisa saja ini terjadi secara tidak sengaja atau memang saking banyaknya pesan WA yang masuk sehingga perlu Anda hapus. 

Nah, ini khabar penting bagi Anda yang sering memanfaatkan WA. Bila Anda mengalami hal seperti di atas mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi.

Seperti dilansir detik.com (22/4/18), WhatsApp diam-diam menambahkan fitur baru pada update minor yang dirilisnya baru-baru ini, yakni kemampuan mengembalikan foto, video, voice atau file lain yang pernah dikirimkan lewat chat WhatsApp, namun sudah dihapus.

Fungsi ini tersedia di update 2.18.106 dan 2.18.110 WhatsApp untuk Android. Jadi, WhatsApp memungkinkan kita mendownload ulang file media yang sudah dihapus pengguna.

Di sisi lain, kemampuan ini secara tidak langsung memberitahukan bahwa WhatsApp ternyata masih menyimpan file kita di server mereka, meski kita sudah mendownloadnya.

Fitur ini sebenernya sudah tersedia sebelumnya, yakni WhatsApp memungkinkan file media yang belum didownload masih tersedia selama 30 hari. Ketika si penerima mendownloadnya, barulah kemudian WhatsApp langsung menghapusnya dari server mereka.

Kemudian, WhatsApp memodifikasi fitur tersebut. Sekarang, ketika sebuah file media sukses didownload, WhatsApp tidak langsung menghapusnya dari server, melainkan memungkinkan pengguna untuk mendownload ulang jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Sebagai catatan, ada syarat untuk memanfaatkan fitur ini. Agar bisa mendapatkan kembali file yang pernah dihapus, kita tidak boleh menghapus chat pada saat file tersebut dikirimkan. Jika chatnya sudah dihapus, kemampuan ini tidak berlaku.

"Hanya jika file dihapus dari SD card atau WhatsApp, dan Anda masih menyimpan pesan chat tersebut, Anda bisa mendownload ulang file yang dihapus," demikian seperti dikutip dari situs Wabetainfo, Minggu (22/4/2018).

Bagi kalian yang khawatir akan privasi data terkait dengan kemampuan ini, WhatsApp menyebutkan bahwa file media akan tetap melalui proses enkripsi end-to-end meski WhatsApp tidak menghapusnya dari server mereka.




0 komentar: