Minggu, 09 September 2018

Takut Tertipu? Ini Dia Tips Aman Shoping Online



Shoping online menjadi sebuah gaya hidup bagi orang jaman sekarang. Perkembangan teknologi membawa kita pada kebiasaan berbelanja yang berbeda. Tidak lagi konvensional, kini belanja bisa dilakukan secara online dan bisa diakses dimana saja kapan saja kita mau. Hal ini memberikan perubahan baik bagi hidup kita karena membuat hidup semakin mudah dan menyenangkan.

Belanja online memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang sangat menonjol adalah fleksibilitas waktu. Kamu bisa belanja dimana saja dan kapan saja kamu mau tanpa terbatas tempat dan waktu asalkan kamu memiliki gadget dan koneksi internet. Bahkan kamu bisa dengan mudah belanja tanpa harus berpergian keluar rumah sambil bersantai di kamar.

Namun, belanja online juga punya kekurangan. Karena dilakukan secara online maka kamu tidak bisa melihat produk secara langsung. Kamu hanya bisa melihat dan menilai produk dari foto. Selain itu kamu juga tidak bisa langsung bertemu dengan penjual. Hal ini memunculkan resiko penipuan karena penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung.

Tips Aman Belanja Online

Meskipun ada resiko penipuan namun belanja online sebenarnya tetap aman untuk kamu lakukan asalkan kamu berhati- hati. Untuk membantu kamu berbelanja online, inilah dia tips-tips aman shoping online :

1. Cek popularitas toko online

Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan toko online yang menjual beragam jenis produk. Banyaknya toko online juga memperbesar resiko kamu mengalami penipuan kalau kamu tidak hati-hati memilih toko online. Agar tidak tertipu maka sebaiknya kamu memilih belanja di toko online yang popularitasnya tinggi.

Popularitas sebuah toko online bisa kamu lihat dari jumlah followernya. Meskipun tidak menjadi jaminan 100% namun paling tidak kamu tahu bahwa banyak orang yang juga percaya pada toko tersebut sehingga bisa meminimalkan kemungkinan penipuan.

2. Pelajari detail produk

Ketika akan membeli barang di toko online maka kamu harus mau membaca secara teliti detail deskripsi barang tersebut. Jika toko online memang terpercaya maka mereka pasti akan memberikan deskripsi produk secara lengkap dengan sejelas-jelasnya.

Selain membaca deksripsi produk dengan teliti, kamu juga harus mengamati foto produk dengan cermat. Foto produk merupakan satu-satunya media yang bisa membuat kamu mengenali produk yang akan kamu beli. Lebih baik kamu memilih toko online yang memasang foto produk asli dan jelas.

3. Lihat testimoni

Cara termudah untuk memastikan toko online aman atau tidak adalah dengan melihat testimoni para pelanggan. Biasanya toko online akan mengunggah atau membagikan testimoni yang dikirimkan oleh para pelanggan. Jika toko online memiliki testimoni yang bagus, maka bisa dipastikan toko online tersebut memang terpercaya.

4. Harga yang wajar

Selalu perhatikan harga produk-produk yang akan kamu beli. Pastikan kamu mendapatkan produk dengan harga yang wajar. Sebaiknya kamu mencari beberapa referensi terlebih dahulu agar bisa mengetahui bahwa produk dijual dengan harga yang wajar. Jika harga terlalu tinggi atau terlalu rendah dari harga wajar di pasaran maka kamu harus waspada.

Itulah tadi beberapa tips aman untuk berbelanja online. Kuncinya adalah hati-hati dan selektif ketika berbelanja secara online. Tak perlu takut karena sebenarnya jika kamu hati-hati maka kamu bisa mendapat kepuasan dan kenyamanan dari belanja online.

Belanja online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa menemukan banyak sekali marketplace yang menawarkan kenyamanan belanja online berkualitas. Salah satunya adalah Blibli.com yang juga hadir dalam aplikasi smartphone. Gunakan Blibli.com sebagai fasilitas shoping online kepercayaanmu. 





0 komentar: